Asisten Pemerintahan Buka Workshop Penguatan Tata Kelola Ormas

Sintang354 Dilihat

Sintang, LK- Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Syarief Yasser Arafat membuka pelaksanaan Collaborative Governance Workshop IV tentang penguatan tata kelola dan peamberdayaan organisasi masyarakat sipil (OMS) di Kabupaten Sintang pada Selasa, 28 Februari 2023 di Balai Praja Kantor Bupati Sintang.

Kegiatan diselenggarakan atas kerjasama antara Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sintang dengan USAID ERAT. Hadir sebagai peserta kegiatan adalah perwakilan Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang, Intansi Vertikal, dunia usaha, dan kelompok organisasi masyarakat sipil.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Syarief Yasser Arafat menyampaikan kerjasama antara pemerintah dan organisasi masyarakat sipil sangat diperlukan dalam mewujudkan good governance.

“data Badan Kesbangpol Kabupaten Sintang menyebutkan jumlah organisasi masyarakat sipil per 28 Februari 2023 ini adalah berjumlah 256 organisasi. Dari jumlah itu 144 sudah berbadan hukum, 56 ormas yang tidak berbadan hukum, 63 ormas yang memiliki Surat Keterangan Terdaftar dari Badan Kesbangpol Sintang,” terang Syarief Yasser Arafat

Menurutnya, pertumbuhan organisasi masyarakat sipil di Kabupaten Sintang sangat baik. Ormas ini adalah ruang antara pemerintah dan masyarakat. Dulu disebut masyarakat madani. Kalau Indonesia mau maju, maka perlu adanya organisasi masyarakat sipil yang kuat, tangguh dan memiliki kompetensi. Peran OMS ini penting, dan perlu diperkuat.

“walaupun bermitra, OMS harus tetap menjalankan fungsi kritis kepada pemerintah. Itulah ruang antara pemerintah dengan masyarakat. Kegiatan hari ini saya harapkan bisa membantu Pemkab Sintang yang sedang menyusun peraturan Bupati Sintang tentang tata kelola ormas di Kabupaten Sintang” tambah Syarief Yasser Arafat

“namun, saya mau menegaskan bahwa kegiatan ini tidak berarti akan memasung OMS, tetapi memperkuat tata kelola OMS di Kabupaten Sintang. Kami mendorong agar OMS di Kabupaten Sintang meningkatkan kapasitasnya dan sumber daya manusia di OMS tersebut. Maka kegiatan hari ini kita laksanakan,” tutup Syarief Yasser Arafat (rilis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.