Dukung Lestarikan Seni Budaya

Sintang327 Dilihat

Sintang, LK- Mempertahankan kesenian daerah di tengah banyaknya kesenian modern bukan hal yang mudah. Para pecinta seni perlu didorong lebih kreatif dalam menampilkan ragam kesenian untuk melestarikan kesenian tradisional, tidak terkecuali kesenian Ebeg atau biasa masyarakat menyebutnya kuda kepang atau kuda lumping

Kesenian ebeg atau biasa masyarakat menyebutnya kuda kepang merupakan budaya yang lahir dari tradisi dan potensi  masyarakat diwilayah kebumen, banyumas dan banjar Negara.Tarian tradisional ini umumnya dipentaskan saat acara tertentu, seperti pernikahan, sunatan, atau ruwatan.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sintang Kusnadi menilai, kesenian tradisional seni tari sebagai warisan leluhur perlu dilestarikan, termasuk kesenian kuda kepang harus terus diajarkan kepada kaum generasi anak muda sebagai penerus

“Saya sangat mengapresiasi grup kesenian kuda kepang yang saat ini terus menggeliat. Mudah mudaha ini terus dilestarikan,” ucap Kusnadi ketika menyaksikan pagelaran ebeg atau kuda kepang di komplek villa Nabila Kecamatan Sungai tebelian Kabupaten Sintang kemarin.

Sekarang kata Kusnadi banyak yang tidak memahami makna kesenian tradisional, karena pementasan kesenian tradisional kini sangat langka, meski pertunjukannya masih sangat menarik.

“Sudah seharusnya berupaya mempertahankan kesenian tradisional atau melestarikannya agar tidak punah, karena kesenian tradisional merupakan budaya leluhur yang sudah ada sejak beberapa tahun silam,” ujarnya.

kesenian tradisional saat ini harus dibangkitkan kembali agar bisa dilestarikan, mengingat kesenian kuda kepang pernah mendapat penggemar sangat banyak di kalangan masyarakat di Kabupaten Sintang.

Sebagai anggota DPRD Sintang, Kusnadi terus berupaya membantu masyarakat pecinta seni. Bukan hanya seni yang berasal dari wilayah jawa, tetapi seni seni local yang asli Kabupaten Sintang juga terus mendapat perhatian.” Selama saya menjadi anggota DPRD sudah puluhan grup kesenian mendapatkan bantuan,” pungkasnya.(jie)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.