Disdukcapil Diminta Cepat Selesaikan Persoalan Data Kependudukan di Serawai-Ambalau

Sintang145 Dilihat

SINTANG, LK – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Florensius Ronny mengatakan, bahwa rencana Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sintang yang akan mengurangi satu kursi DPRD untuk Dapil Serawai-Ambalau pada Pemilu 2024 mendatang baru merupakan rancangan.

Hal tersebut disampaikan Ronny kepada wartawan usai memimpin audiensi anggota DPRD Sintang dengan puluhan masyarkat Serawai-Ambalu terkait rencana pengurangan satu kursi tersebut, pada Senin 28 November 2022, di ruang rapat DPRD Sintang.

“Jadi sudah sama-sama kita dengar tadi, spengurangan satu kursi di Dapil Serawau-Ambalau baru merupakan rancangan dan belum diuji publik. Dijadwalkan  uji publiknya bulan Desember,” ungkap Florensius Ronny.

Diakui Florensius Ronny, masyarakat Serawai-Ambalau dengan tegas menolak rancangan tersebut. Makanya mereka melakukan audiensi ini dengan DPRD. Ronny mengatakan, memang sangat beralasan masyarakat menolak rancangan tersebut.

“Sangat beralasan, karena catatannya bahwa banyak masyarakat Kecamatan Serawai-Ambalau belum terdata, belum terferivikasi atau  belum memiliki e-KTP, kalau dipikir-pikir padahal seharusnya sudah memiiki. Hal tersebut dikarenakan Kecamatan Serawai Ambalau jauh dari pusat kota kabupaten,” tuturnya.

Maka dari itu, Ronny meminta ada sinergi antara Disdukcapil, pihak desa dan kecamatan untuk dapat berkerjasama mengatasi persoalan ini. Bahkan Ronny juga meyakini  data di Kecamatan Serawai-Ambalau penduduknya sekitar 40 ribu lebih, kalau pun ada kurang dari data 2019 tersebut, pasti tidak akan banyak.

“Jadi tak mungkin jugakan dalam waktu beberapa tahun berkurangnya  sampai puluhan ribu, oleh sebab itu persoalan ini harus segera dapat ditindaklanjuti Disdukcapil Sintang, agar tak menjadi gejolak. Tentu kita juga berharap permasalahan ini cepat diselesaikan, karena banyak juga data dari kepala desa atau kecamatan yang tidak tersampaikan,” tutup Florensius Ronny. (say)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.