Wel: Akan Jadi Sejarah Kalau Tiga Raperda Inisiatif Dewan Disahkan

Sintang196 Dilihat

SINTANG, LK – Tiga Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Inisiatif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang dinilai akan menjadi sejarah andai nanti Raperda tersebut disahkan menjadi Perda.

Hal tersebut dikatakan Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kabupaten Sintang, Welbertus. Dikatakannya bahwa sejarah yang dimaksud ialah baru kali ini lagi ada Raperda inisiatif dewan.

“Kalau menurut senior yang ada di DPRD Kabupaten Sintang ini, bahwa setelah 25 tahun berlalu, baru sekarang lagi ada Raperda inisiatif dewan. Tentu kalau nanti Raperda ini ditetapkan jadi Perda maka akan menjadi sejarah yang baik untuk kita dan tentunya untuk masyarakat Kabupaten Sintang,” ujar Welbertus kepada media ini beberapa waktu lalu.

Tak hanya itu saja, keberadaan tiga Raperda ini menurut Welbertus juga sangat dibutuhkan masyarakat. Oleh karenanya sudah sepatutnya terwujud menjadi Perda. Karena di dalamnya membela hak-hak rakyat.

“Jadi memang tiga Raperda ini harus menjadi Perda, sebab dengan hadirnya Perda ini akan membela hak-hak rakyat. Maka dari itu tiga Perda ini sangat bermanfaat sekali bagi seluruh masyarakat Kabupaten Sintang,” ucap Welbertus.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) ini juga memaparkan, bahwa tiga Raperda ini ditargetkannya selesai akhir tahun 2022 ini. “Target dari pihak kita untuk proses tiga Raperda ini diharapkan selesai akhir tahun 2022 ini, sehingga bisa ditetapkan menjadi Perda,” ungkap pria yang akrab dipanggil Wel ini.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, bahwa tiga Raperda inisiatif DPRD Kabupaten Sintang ini telah melalui uji publik. Proses selanjutnya menunggu persetuan dari Bupati Sintang, Jarot Winarno.

Setelah mendapat persetujuan dari Bupati Sintang, baru masuk ke proses Panitia Khusus (Pansus). Di sinilah nanti ditentukan apakah Raperda tersebut disahkan jadi Perda atau tidak.

“Kita harapkan semoga saja semua proses dapat kita lalui sehingga Raperda ini dapat disahkan menjadi Perda,” tutup Wel. (say)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.