Heri Jambri Beberkan Penyebab Lambannya PLBN Sungai Kelik Terwujud

Sintang162 Dilihat

SINTANG, LK – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Heri Jambri membeberkan kendala yang sedang dihadapi dalam mewujudkan Post Lintas Batas Negara (PLBN) Sungai Kelik, Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat.

Dijelaskannya kendala yang sedang dihadapi untuk merealisasikan PLBN ini, yaitu belum adanya pergerakan yang dilakukan dari negara tetangga Malaysia. Padahal untuk mewujudkan PLBN ini, kedua negara harus saling bekerjasama, karena ini menyangkut batas negara.

“Sejauh ini hanya dari pihak kita saja Indonesia yang ingin terwujudnya PLBN ini, tapi tidak dengan negara tetangga Malaysia,” ujar Heri Jambri kepada media ini, kemarin.

Apa yang Heri Jambri sampaikan tersebut beralasan, dinilainya bahwa sejauh ini fakta di lapangan menjawab semuanya. Dimana di Indonesia pembangunan penunjang untuk terwujudnya PLBN di Sungai Kelik terus bergerak, sementara di Malaysia tidak ada pergerakan.

“Ini fakta di lapangan, dimana dari Pemerintah Indonesian sudah membangun pos di sana, membangun infrastruktur yang saat ini terus berjalan. Namun dari Malaysia justru kita lihat tidak ada pergerakan,” terangnya.

Oleh karena itu, Politisi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) ini menilai, untuk mewujudkan PLBN Sungai Kelik ini hanya bertepuk sebelah tangan. Dimana Indonesia sangat menginginkannya, tapi Malaysia sebaliknya.

“Saya rasa itulah yang terjadi di lapangan. Tidak ada keseriusan dari Malaysia untuk mewujudkan PLBN ini. Makanya kita harapkan ada tindakan nyata yang dilakukan Pemerintah Indonesia,” kata Heri Jambri.

Tindakan nyata tersebut jelasnya, agar Pemerintah Pusat melalui Menteri Luar Negeri dapat mengambil langkah jitu, agar ada pergerakan yang dilakukan dari negara tetangga Malaysia.

“Yang pasti kita harapkan lebih proaktiflah Pemerintah Pusat untuk melakukan koordinasi dengan pihak dari negara tetangga Malaysia ini. Sebab ini sudah antar negara, harus ada komunikasi yang baik terjalin agar apa yang menjadi harapan kita bersama untuk terealisasinya PLBN ini dapat terwujud,” tutup Heri Jambri.(say)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.