Heri Jambri: Perusahaan Kelapa Sawit Wajib Miliki Area Hutan

Sintang96 Dilihat

SINTANG, LK – Kondisi Hutan di Kabupaten Sintang dinilai sudah mulai krisis. Hal itu dikarenakan banyaknya investasi perkebunan kelapa sawit yang masuk di Bumi Senentang.

Oleh karena itu, Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Heri Jambri meminta para investor perkebunan kelapa sawit ini dapat membantu menjaga hutan yang ada agar tak dibabat habis.

“Sudah ada peraturannya. Bahwa pihak perusahaan yang berinvestasi di Kabupaten Sintang wajib menyisihkan tujuh persen lahannya untuk hutan. Tentu kewajiban itu harus dipenuhi, agar hutan kita tidak habis,” ungkap Heri Jambri.

Peraturan tersebut jelas Politikus Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) ini sudah tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 6 Tahun 2018 tentang pengelolaan usaha berbasis lahan berkelanjutan. Tentu haruslah dijalankan oleh pihak perusahaan perkebunan kelapa sawit.

“Intinya pihak perusahaan harus mentaati peraturan itu. Karena memang kondisi hutan kita ini sudah sangat mengkhawatirkan sekali,” kata Heri Jambri.

Heri Jambri juga meyakini, Pergub tersebut dibuat tentu memiliki alasan yang kuat, salah satu contohnya yakni perusahaan perkebunan kelapa sawit dinilainya telah merambah hutan di Kabupaten Sintang sehingga keberadaannya tinggal sedikit.

“Kalau kita bandingkan dengan beberapa puluh tahun lalu, pasti kondisinya sangat jauh berbeda. Hutan kita sudah banyak dialih fungsikan menjadi perkebunan kelapa sawit oleh investor perkebunan ini,” terang Heri Jambri.

Untuk itu, sekali lagi dia menekankan, agar perusahan perkebunan ini dapat mentaati peraturan itu demi menjaga Kabupaten Sintang tetap memiliki hutan. Kalau memang sudah tidak ada hutan lagi, caranya bisa saja kembali dibuat area hijau di sekitaran perkebunan kelap sawit perusahaan itu.

“Intinya kita tekankan Pergub tersebut harus ditaati. Kalau tidak pasti akan ada sanksi yang diberikan. Jadi pihak perusahaan perkebunan jangan mengabaikan peraturan ini,” pungkas Heri Jambri. (say)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.