Bentuk Karakter Anak dengan Didikan yang Layak

Sintang171 Dilihat

SINTANG, LK – Karakter anak-anak masih terbilang labil. Oleh karenanya sangat mudah sekali terpengaruh oleh hal-hal negatif yang dapat menghancurkan masa depan mereka.

Berangkat dari permasalahan itu, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Senen Maryono mengatakan, di sinilah peran tenaga pendidik dalam membentuk karakteristik murid-muridnya agar kelak menjadi anak yang dapat membanggakan.

“Terlepas dari peran orang tua, peran guru di sekolah juga sangat vital dalam membentuk karakter anak. Kita ketahui anak-anak ini karakternya labil, mudah terpengaruh. Maka dari itu dari usia dini sudah harus dibentuk dengan nilai-nilai yang positif, sehingga saat mereka besar mereka sudah terbiasa dengan hal-hal positif tersebut,” ungkap Senen Maryono saat diwawancara belum lama ini.

Menurut Senen, untuk membentuk karakter anak yang baik perlu ada ketegasan mendidik yang diberikan oleh guru di sekolah. Ia menilai sedikit keras dalam mendidik murid tidak menjadi persoalan asalkan masih dalam kategori wajar dan layak untuk dilakukan. Bahkan menurutnya hal tersebut wajib dilakukan.

“Selama tidak melakukan kontak fisik dan tak menyakiti badan serta perasaan dan hati anak yang berlebihan saya rasa tidak jadi masalah. Maksud dari tegas itukan ada kategorinya juga. Tegas yang dimaksud, tegas yang dapat membuat anak menjadi kuat, menjadi terbentuk karakter yang hebat,” jelas mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Sintang ini.

Senen menilai, kalau tidak ada ketegasan dari tenaga pendidik, maka akan berdampak tidak baik pula untuk pertumbuhan anak-anak. Contohnya kata Senen, seperti kata-kata yang tak patut dikeluarkan dari mulut anak-anak. Perihal ini kerap didengar, padahal anak-anak sebenarnya tidak ada niat berkata tidak sopan seperti itu, tapi karena pergaulan tadi, sehingga mereka terpengaruh.

“Coba bayangkan saja, karakter anak inikan mudah terbentuk, kalau hal tersebut dibiarkan, maka sampai besar mereka akan terdidik seperti itu. Makanya harus ada ketegasan dari tenaga pendidik dalam hal ini,” pinta Senen.

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga berkata, bahwa perihal ini sudah kerap disampaikannya kepada instansi terkait saat rapat koordinasi yang dilakukan dengan pihaknya. Maka dari itu, ia meminta kepada dinas terkait juga harus memperhatikan perihal ini demi terbentuknya anak bangsa yang dapat dibanggakan di masa mendatang.

“Pada intinya ketegasan yang dilakukan, untuk memberikan yang terbaik buat anak didik. Supaya terbentuk karakter yang baik pula, dengan begitu akan memunculkan generasi penerus bangsa yang dapat kita banggakan bersama,” tutup Senen. (say)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.