Senen: Tingkatkan Pengawasan Terhadap Anak

Sintang174 Dilihat

SINTANG, LK – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Senen Maryono mengimbau kepada orang tua untuk meningkatkan kewaspadaan dalam menjaga dan mengawas anak-anaknya.

“Tingkatkan kewaspadaan kita terhadap anak, baik itu dari pergaulan mereka, tempat mereka berkumpul dan lain sebagainya. Jangan biarkan mereka bermain sendiri tanpa sepengetahuan kita,” ujar Senen Maryono, kemarin.

Apa yang disampaikan Senen Maryono itu sangatlah beralasan, mengingat beberapa waktu lalu terjadi percobaan penculikan terhadap anak di Kabupaten Sintang. Meski gagal, karena anak tersebut dapat kabur, namun kejadian ini harus tetap jadi atensi untuk dapat meningkatkan kewaspadaan.

“Orang tua dalam hal mengawasi anak mempunyai peran yang sangat vital. Dari itu, jangan biarkan anak-anak kita dibiarkan bermain di luar tanpa sepengetahuan kita. Pantau mereka bermain di mana. Bahkan kalau bisa dampingi mereka,” ucap Senen.

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga mengatakan, orang tua harus memberi jadwal kepada anak-anaknya dalam bermain. Kapan waktu bermain, kapan waktu belajar dan kapan waktunya untuk kegiatan-kegiatan lainnya.

“Ajarkan mereka sejak dini cara untuk taat aturan. Contoh, kalau pulang sekolah, jangan biarkan mereka keluyuran, harus segera pulang, bahkan kalau bisa dijemput untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi,” utaranya.

Bentuk karakter anak sejak dini, hindarkan mereka dari hal-hal negatif. Senen meyakini, kalau pantauan kewaspadaan orang tua terhadap anaknya ditingkatkan. Maka anak akan baik-baik saja.

“Bahkan mereka akan tumbuh besar menjadi karakter yang kuat. Untuk itu sekali lagi saya ingatkan, tingkatkan kewaspadaan, jangan biarkan anak-anak kita menjadi korban penculikan. Jaga mereka, rawat mereka dengan sebaik mungkin,” pungkas Senen. (Say)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.