Masih Ada Desa Belum Memiliki Akses Darat

Sintang224 Dilihat

Sintang, LK_-Anggota Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Sintang Sandan mengakui sampai hari ini masih ada desa di kecamatan Ambalau yang belum memiliki akses jalan darat. Pihaknya pun meminta pemerintah untuk memperhatikan masalah tersebut.

“Banyak desa belum mempunyai akses jalan darat menuju ibukota kecamatan. Kita harap pemerintah bisa melihat pembangunan yang memang harus diprioritaskan,” kata Sandan.

Menurut Sandan seyogyanya membangun jalan poros penghubung ke desa dapat dilakukan pemerintah dengan membuat program secara terinci. Jangan sampai penganganggaran pembangunan dikucurkan untuk hal tidak mendesak. Misal jalan sudah dianggarkan kembali didanai. Padahal dana dapat dialihkan mestinya untuk membangun jalan yang lebih mendesak diperlukan masyarakat.

Sandan mencontohkan, seperti di kecamatan Ambalau, hampir secara keseluruhan antara desa ke ibukota kecamatan belum terhubung akses darat. Padahal akses jalan merupakan kebutuhan utama bagi masyarakat. Kelancaran transportasi pendukung utama dalam memajukan ekonomi serta pembangunan.

Menurut Sandan bila masyarakat terus menggantungkan dengan transportasi dengan akses sungai biayanya sangat mahal harus ditanggung. Padahal mobilitas masyarakat juga perlu didukung sarana dan prasarana memadai. “Kita belum bicara jalan Ambalau ke Sintang. Jalan darat mesti sudah dibangun tapi belum terlalu memadai,” katanya.

Di konfirmasi terpisah, calon Politis Muda Sintang Masius berharap pemerintah melakukan pembangunan secara merata, baik di dalam kota maupun di kecamatan kecamatan terluar di Kabupaten Sintang. “Pembangunan harus merata. Wilayah terluar sintang seperti ambalau juga harus tersentuh pembangunan,”kata dia

Sebagai Politisi muda, Masius mengaku akan siap memperjuangkan kepentingan masyarakat. Terutama masyarakan yang berada di wilayah timur Kalimantan barat seperti, Sintang, Kapuas Hulu, Sekadau, Melawi dan Sanggau.

“ini fokus kita setelah nanti duduk di DPRD Provinsi Kalbar,” kata Pria yang juga anggota Partai Solidaritas Indonesia atau PSI.(dedek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.