Infrastruktur Penopang Perekonomian Masyarakat

Sintang262 Dilihat

Sintang, LK- Anggota DPRD Sintang, H Senen Maryono mengatakan infrastruktur jalan menjadi penopang mobilisasi masyarakat di pedalaman. Dengan buruknya infrastruktur maka menyumbang banyak persoalan. Mulai dari sulitnya distribusi barang dan jasa hingga menyebabkan harganya melambung. Belum lagi, mobilisasi hasil pertanian dan perkebunan.

“Untuk mengatasi hal ini tentu butuh dukungan semua pihak. Kabupaten tidak bisa sendiri dengan wilayah dan panjang jalan, sementara dananya terbatas. Koordinasi tetap harus dilakukan dengan pemerintah provinsi dan pusat,” ungkapnya.

Menurunya, Apabila infrastruktur sudah baik, berdampak luas terhadap mobilisasi masyarakat. Sehingga, perekonomian di daerah bisa membaik.

Menurutnya, penurunan angka kemiskinan dapat dilakukan melalui empat hal, pertama, Peningkatan infrastruktur dasar, kedua, saniatasi, ketiga, optimalisasi air bersih dan peningkatan sumber energi baru, dan keempat terbarukan.

Senen menyarankan, soal infrastruktur, pemerintah disarankan untuk memperioritaskan jalan dan jembatan, pasalnya jalan dan jembatan di wilayah Kabupaten Sintang banyak mengalaami kerusakan.
“Kalau soal prioritas insfrastruktur jalan yang utama, biar harga barang bisa murah dan terjangkau oleh masyarakat terutama di pedalaman,” ujarnya.

Tidak hanya infrastruktur. Pendidikan juga harus mendapat perhatian serius dari pemerintah. Jangan sampai ada ditemukan anak putus sekolah.”Kedepan minimal anak anak dan generasi muda sekarang harus tamat SMA,” tutur Senen.

Jika pendidikan baik maka tingkat kemiskinan di Kabupaten Sintang juga akan dapat mudah ditekan.

Lebih lanjut mantan kepala dinas pendidikan Kabupaten Sintang ini juga berharap pemerintah dapat mengontrol harga hargaa barang. Tingginya Inflasi yang yang saat ini terjadi di Kabupaten Sintang dapat meningkatkan kemiskinan

“Pemerintah harus selalu memantau stabilitas harga. Jangan sampaai harga kebutuhan pokok terus melonjak sedangkan daya beli masyarakat terus mengalami penurunan,”pungkasnya.(ono)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.