Dukung Pencabutan Larangan Exspor CPO

Sintang237 Dilihat

Sintang, LK-  Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Sintang Florensius Ronny mengapresiasi keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang secara resmi mencabut larangan ekspor crude palm oil (CPO) dan bahan baku minyak goreng mulai hari ini, Senin (23/5/2022).

Keputusan ini atas dasar diumumkannya oleh Presiden Joko Widodo melalui keterangan resminya secara virtual, pada Kamis (19/5/2022).

Ketua DPRD Kabupaten Sintang Florensius Ronny mengatakan,”Dengan dicabut larangan ekspor CPO oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akan segera memberikan dampak positif bagi mayoritas petani sawit di Kabupaten Sintang.

 “Kita semua patut bersyukur dengan dicabutnya larangan ekspor CPO tersebut. Karena ini berdampak baik pada peningkatan harga Tandan Buah Segar (TBS) secara luas khususnya di Kabupaten Sintang,” terang Ronny.

Ronny juga berharap kepada pemerintah pusat untuk terus mengawasi berkaitan dengan harga TBS dan minyak goreng agar semuanya bisa terkendali dengan baik. 

 “Apalagi jika petani memiliki tanggung jawab kepada pihak ketiga seperti Bank, kredit angkutan, dan lainnya. Oleh karena itu, saya sangat menyambut baik pencabutan moratorium ekspor sawit ini,” ucap Ronny. 

Legislator Partai Nasdem ini juga minta kepada Pemerintah agar sudah menyiapkan strategi dan kebijakan jangka panjang untuk masalah harga TBS dan memastikan masalah kelangkaan minyak goreng dan harga yang terlalu tinggi tidak terulang lagi di masa yang akan datang.

Lebih lanjut Ronny mengatakan saat normal harga TBS pada waktu itu hampir tembus diharga empat ribuan perkilo, pada saat larangan ekspor CPO di tetapkan harga TBS anjlok hingga dua ribuan kurang lebih, jadi kita patut bersyukur dengan dicabutnya larangan ekspor CPO ini dan berharap supaya harga TBS di petani berangsur mulai membaik serta harga yang bisa normal kembali. 

 “Kita ketahui masyarakat Sintang yang tersebar di 14 Kecamatan ini hampir 50% adalah petani sawit, serta bergantung kepada perusahaan perkebunan kelapa sawit. Tentu saja keputusan Presiden ini akan memberikan dampak positif kepada khususnya masyarakat petani sawit,” jelas Ronny.(Marthine)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.