Datang Ke Ambalau Bupati Minta Didoakan

Sintang181 Dilihat

Sintang,LK- Bupati Sintang, Jarot Winarno, kembali melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Ambalau untuk menghadiri acara ritual adat atau syukuran bayar hajat di Desa Nanga Kemangai, Kec. Ambalau, Kamis, (24/2/2022)

Bupati dan rombongan menuju Kecamatan Ambalau melalui jalur sungai menggunakan speedboat dengan menempuh waktu perjalanan sekitar 3 jam 30 menit.

Turut mandimping Bupati dalam kunjungan kerja tersebut, yakni Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Melkianus, Rudy Andreas & Sandan, hadir juga unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Ambalau, Temenggung Adat Kecamatan Ambalau, dan masyarakat setempat.

Dalam sambutanya, orang nomor satu di Bumi Senentang ini meminta masyarakat ambalau untuk selalu mendoakan dirinya agar senantiaasa diberi kesehatan dan kelancaran dalam memimpin Kabupaten Sintang.

“Mohon didoakan agar saya diberi kesehatan, hingga mampu menyelesaikan tugas yang hanya tiga tahun lagi sampai februari 2025. Mudah-mudahan bisa membangun ambalau dan Kabupaten Sintang. Terima kasih banyak semuanya,”ucap Jarot.

Jarot mengaku dirinya sempat mengalami sakit Stroke. Sakit yang dialaminya membuat ia susah untuk berbicara. Bahkaan untuk jalan juga mengalami kesulitan.

“Kami masih pemulihan, karena sakit belum sehat betul. Saya bulan mei, juni dan september tahun 2021 kemarin terkena serangan stroke, nda bisa ngomong, susah nelan, Namun lima bulan ini sudah bisa bicara lagi, meskipun belum lancar, tapi sudah sehat, hari ini saya bisa datang ke ambalau,”ungkap Jarot.

Bupati Sintang, Jarot Winarno, mengucapkan terima kasih atas terselenggarakan acara ritual adat atau syukuran bayar hajat yang di laksanakan masyarakat Uud Danum di Desa Nanga Kemangai.

“Itu tanda kita bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, Sang Pencipta Alam, kita di beri kesehatan, di beri anugrah dalam menjalankan kehidupan sehari-hari,”kata Jarot.

Jarot pun menyampaikan pembangunan yang sudah di lakukan di Kecamatan Ambalau terus di lanjutkan, meskipun kondisi keuangan daerah dan negara sangat terbatas.

“Pembangunan infrastruktur jalan penghubung antar desa terus di lanjut, seperti di keremoi ke tempat lainnya, begitu juga desa yang lain. Tahun ni banyak gedung sekolah, rumah guru kita rehab, jembatan keremoi yang roboh kemarin. Terutama akses jalan dari serawai menuju ambalau menggunakan dana DAK, namun tahun ni dana pusat tidak punya uang, karena untuk corona dan ibu kota baru, maka kita tidak dapat dana DAK, tapi tetap kita ajukan, supaya dapat dana DAK. Mohon dukungan masyarakat ambalau,”ujar Jarot.

Diakhir sambutanya, Jarot juga megucapkan  terimakasih kepada angota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Sintang yang juga turut sert dalam membangun Kabupaten Sintang dan lebih khusus kecamatan ambalau.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada anggota dprd yang hadir, unsur forkopimcam ambalau atas dukung pembangunan di kecamatan ambalau”tambah Jarot.

Temengung Adat Kecamatan Ambalau, Junas menjelaskan bahwa, ritual adat atau syukuran bayar hajat dari suku Uud Danum ini merupakan sejenis doa yang di persembahkan kepada penguasa alam, penguasan langit dan bumi.

“Pak Jarot yang dulu calon bupati sintang periode yang kedua bisa seperti yang di harapkan, puji tuhan terpilih. Inilah artinya beliau hadir di tengah-tengah kita di tempat ini, untuk melaksanakan syukuran bayar hajat tersebut sesuai adat Uud Danum”jelas Junas.

“Tentu dengan penyertaan penguasa alam, roh-roh baik, Tuhan Yang Maha Esa, apa yang kita ingin, apa yang kita damba, kita harapkan terwujud sebagaimana mestinya, pak jarot bisa di lantik sebagai bupati sintang untuk periode yang kedua kalinya beberapa waktu lalu”tambah Junas.

Selaku temenggung adat, Junas sangat mengapresiasi kehadiran Bupati Sintang meskipun sedang dalam pemulihan kesehatan. Untuk itulah, acara adat ini kata Junas juga bentuk doa untuk Bupati Sintang agar selalu di berikan kesehatan dan umur panjang dalam menjalankan tugasnya sebagai kepala daerah.

“Kita sebagai masyarakat sintang sambil berdoa agar beliau diberikan kesehatan, kekuatan dari Tuhan Yang Maha Esa, dari penguasa langit dan bumi dimanapun beliau berada melaksanakan tugas, agar senantiasa bersama kita bisa membangun sintang sebagaimana mestinya lima tahun kedepan”kata Junas.

“Terima kasih pak, atas kebersamaan bapak bersama masyarakat ambalau bahka serawai, sehingga dua periode kami merasa sungguh di perhatikan termasuk di bidang infrastruktur dan lainnya,”ungkap Junas.(ono)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.