Pendidikan Harus Jadi Yang Utama

Sintang214 Dilihat

Sintang, LK- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sintang H Senen Maryono mengajak anak muda untuk tetap semangat menempuh pendidikan, baik ditingkat SD, SMP,SMA maupun perguruan tinggi meskipun masih dilanda wabah virus Corona.

“Sebagai anggota DPRD di komisi yang membidangi Pendidikan dan mantan praktisi dunia pendidikan, saya sangat sependapat kalau anak-anak lulusan SMA, SMK maupun Aliyah yang mau lanjut kuliah, untuk bisa terus lanjut ke perguruan tinggi yang diinginkan,” kata Senen maryono kemarin

Senen mengaku dampak Covid-19 di Kabupaten Sintang sangat dirasakan. Mulai dari dampak ekonomi maupun dampak pendidikan.Anak anak tidak bias bertatapmuka di sekolah. Pandemi Covid 19 telah mengakibatkan penghentian aktivitas belajar di sekolah dan kampus. Ada yang tetap melanjutkan proses belajar dengan sistem daring, namun khusus bagi pelajar kelas 6, kelas 9 dan kelas 12 kondisi ini mengakibatkan mereka tidak menjalani ujian nasional.Mereka yang sudah dinyatakan lulus pun bersiap-siap untuk mengurus pendaftaran ke jenjang yang lebih tinggi.

“Karna masa pendemi dan segala dampaknya ini termasuk dalam hal ekonomi, saya menyarankan sepanjang ada jurusan yang dituju telah ada di berbagai perguruan tinggi di Sintang maka tentu akan lebih efisien dan efektif untuk studi di Sintang saja. Selain bisa lebih dekat dengan orang tua, biaya hidup juga jadi lebih terjangkau,” papar politisi Partai Amanat Nasional itu.

Senen menambahkan, bahwa kualitas perguruan tinggi di Sintang tidak kalah dari universitas di luar. Beliau menyebutkan saat ini sudah banyak alumni universitas di Sintang yang telah menduduki jabatan penting di masyarakat.
“Kita ambil contoh, misalnya Kepala Dinas Kominfo Sintang saat ini, Pak Kurniawan, beliau itu lulusan UNKA Sintang, lalu ada juga pak D. Mahmud Husein, S.Sos yang meniti karier sampai jadi Kakanwil Kemenag Provinsi Kalbar, beliau juga lulusan dari UNKA Sintang,” ungkap Senen.

“Masalah kualitas tentu tergantung juga kemauan belajar mahasiswa itu sendiri,” tegas Wakil Ketua Komisi C DPRD Sintang itu lagi.(ono)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.