Data Bansos Jangan Ada Yang Salah

0

Sintang, LK– Wakil Bupati Sintang Askiman meminta kepala Desa untuk melakukan pendataan penerima Bantuan Sosial (Bansos) dengan benar. Pembagian Bantuan Sosial di tingkat desa harus rata dan jangan dilakukan pendataan yang salah.

“saya sampaikan persoalan Bantuan Sosial, karena sering terjadi banyak data yang error untuk bansos ini, patokan kita memberikan BLT adalah harus memenuhi 14 kriteria, nah paling tidak kita bisa memenuhi 9 kriteria tersebut baru bisa memenuhi BLT,” ujar Askiman dihadapan puluhan Kepala Desa di Kecamatan Binjai Hulu Senin (11/5/2020).

Bantuan Sosial kata Askiman harus tepat sasaran. Orang –orang yang berhak menerima terutama masyarakat kalangan tidak mampu harus mendapatkan.

“jangan ada rekayasa data, harus ada pemerataan Bantuan langsung Tunai (BLT), berikan kepada orang yang tidak mampu,” tambahnya.

Pada kesempatan itu, Askiman juga menyampaikan himbauan kepada para Kepala Desa untuk dapat menyampaikan pesan kepada masyarakat sepulang dari kegiatan rapat koordinasi pencegahan penyebaran Covid-19 ini. Berikan penjelasan terkait wabah virus Corona dengan benar.

“saya pesankan kepada para Kepala Desa , sehabis kegiatan ini, lakukan rapat dengan masyarakat, berikan penjelasan kepada masyarakat terkait Covid-19, supaya masyarakat tidak menjadi ketakutan yang membuat suasana menjadi mencekam dan mengerikan,”ujarnya.

Jangan ada muncul rasa kebencian terhadap orang yang terjangkit virus Covid-19. Bila ini terjai hanya akan mengakibatkan kesenjangan social di masyarakat.

Menanggapi hal tersebut, Camat Binjai Hulu Kusnidar, mengakui bahwa pembagian bantuan sosial di Kecamatan Binjai Hulu sudah dilakukan. Sudah ada satu desa yang selesai membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT).

“Penerima BLT kita ada 11 Desa, tetapi hanya 7 desa yang sudah terverifikasi datanya, ada 4 desa yang masih membuat jadwal pendataan ulang, untuk 7 desa tersebut ada 315 Kepala Keluarga penerima Bantuan Langsung Tunai, dan ada `1 Desa yang sudah tuntas menyalurkan BLT nya kepada masyarakat, yakni Desa Sungai Risap,”ucapnya

Tinggalkan Balasan

silahkan masukkan komentar anda
masukkan nama anda disini