2019 Puskesmas Jasa Rampung

Sintang273 Dilihat

Sintang, LK- Satu lagi fasilitas kesehatan yang disediakan Pemerintah untuk melayani masyarakat, yang terletak di perbatasan antara Indonesia dan Malaysia, yakni Puskesmas Jasa Kecamatan Ketungau Hulu. Puskesmas yang dibangun dengan menggunakan Dana Alokasi Kusus (DAK) tahun 2019 ini di rencanakan akan selesai pada tahun ini.
“Puskesmas Jasa ini dibangun menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi Tahun anggaran 2019 dengan Pagu 8 Milyar, kemudian Puskesmas Jasa ini adalah puskesmas rawat inap, nantinya ada 15 tempat tidur, dengan peralatan yang lengkap, tenaga medis, perawat medis yang lengkap”, jelas Sintobaru baru ini
Dengan berdirinya Puskesmas Jasa ini maka bertambahlah Puskesmas yang ada di Sintang. Saat ini kata Sinto ada 20 Puskesmas yang eksisting. Pada bulan Agustus 2019 ada penambahan 1 Puskesmas sehingga menjadi 21 Puskesmas, dan Puskesmas Jasa ini adalah puskesmas ke 22 yang ada di Kabupaten Sintang.
“alasan kami membangun puskesmas Jasa ini adalah pertama jarak dari Desa Jasa ke Desa Senaning inikan cukup jauh, belum lagi akses jalan yang belum begitu baik, kemudian ada masyarakat dari Desa Jasa ini berobat ke negeri seberang, jadi kita mau masyarakat berobat di Negeri Sendiri, nah itulah alasan kami membangun ini”, tuturnya
selama ini kata Sinto di Desa Jasa sudah ada fasilitas kesehatan seperti Pustu dan Polindes, hanya saja fasilitasnya belum memadai, sehingga dengan adanya puskesmas akan memberikan pelanayan yang lebih baik kepada masyarakat di perbatasan.
“Untuk fasilitas kesehatan sebenarnya sudah ada, tapi yang saya inginkan dengan adanya Puskesmas di Jasa ini ada tenaga dokter, tenaga medis dan perawat medis yang standbye sehingga masyarakat tidak perlu berobat ke negeri seberang,” ucapnya.
Mantan Direktur Rumah Sakit Ade Moch Djoen Sintang ini optimis pembangunan Puskesmas Jasa akan cepat selesai, “hari ini kita sama pak Bupati meninjau langsung, progresnya saat ini sudah 30%, kita berharap pembangunan ini selesai pada awal Desember 2019, kita pacu terus pembangunannya,” pungkasnya.(ono)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.