Ini Keuntungan Jika Ibukota Negara Pindah Ke Kalimantan

0

Sintang, BK- Rencana pemindahan Ibu Kota Negara Republik Indonesia dari Jakarta ke Pulau Kalimantan dinilai sejumlah pihak akan berdampak positip bagi kemajuan Negara termasuk Kalimantan Barat.

“Dengan pemindahan ibukota, fokus pembangunan tentu akan pindah ke Pulau Kalimantan,” kata Wakil Ketua DPRD Sintang Jeffray Edward belum lama ini.

Ia mencontohkan, Jakarta menjadi kota metropolitan karena merupakan ibukota negara. Bukan tidak mungkin jika ibukota pindah Kalimantan akan lebih maju dari pulau Jawa, lebih khusus Jakarta.

“Nah, pemindahan ibukota ke Kaltim pasti membawa dampak sama pada daerah lain, sama seperti Jakarta ketika menjadi ibukota negara,” katanya.

Meski dinilai memiliki dampak positif, Politisi PDI Perjuangan ini juga menilai pemindahan ibukota Negara juga memiliki dampak negative. Masalah baru dinilai akan muncul jika Negara tidak hati hati.

“Pemindahan ibukota tidak semudah membalik telapang tangan. Pasti akan ada masalah yang terjadi,” katanya.

Karena itu, Jeffray mengingatkan kepada pemerintah Republik Indonesia harus berhati hati. Pemindahan ibukota harus memperhatikan kepentingan masyarakat lokal. Jangan sampai masyarakat lokal merasa terganggu dengan pemindahan ibukota negara tersebut.

“Negara harus hadiri memberikan penjelasan. Disinalah pentingnya sosialisasi,” tukasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Sintang, Supriyadi, S.hut berharap pemindahan ibukota yang akan dilaksanakan pemerintah akan memberikan dampak positif terutama dibidangan pendidikan.

“Harapan kita jika ibukota pindah ke Kalimantan, kualitas pendidikan di Kalimantan juga akan semakin baik, minimal sama seperti di Jawa,” pungkasnya.(ono)

Tinggalkan Balasan

silahkan masukkan komentar anda
masukkan nama anda disini