Masyarakat Harus Berperan Aktif Awasi Dana Desa

Sintang271 Dilihat

Sintang, LK – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sintang, Santosa mengajak masyarakat untuk perperan aktif dalam melakukan pengawasan terhadap penggunaan dana Desa di masing masing desa.
“Peran aktif semua pihak sangat dibutuhkan dalam pengawasan ini. Termasuk juga stackholder yang ada di tingkat kecamatan. Semua itu kita lakukan untuk memajukan desa agar dapat mensejahterakan masyarakat,” tegasnya.
Di tangkapnya mantan Kepala Desa Ella Hulu Kabupaten Melawi karena kasus Korupsi yang di beritakan sejumlah media di Kalimantan Barat menurutnya menjadi pelajaran untuk semua kepala desa. Bukan hanya untuk Kabupaten Melawi saja.
Agar hal serupa tak terjadi di Kabupaten Sintang, Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mengajak seluruh elemen masyarakat, untuk bersama-sama menjadi kacamata pemerintah dalam hal pengawasan pengunaan Dana Desa tersebut.
Ia juga mengimbau untuk Kepala Desa, jangan jalan sendiri dalam pengelolaan Dana Desa. Haruslah libatkan jajaranya pemerintahan desa, bahkan masyarakat sekali pun, agar pengunaannya benar-benar tepat sasaran.
“Desa sudah diberikan perhatian oleh pemerintah melalui program Dana Desa. Manfaatkan itu semaksimal mungkin untuk membangun Desa,” pungkasnya. (sai)
Belum lama ini, Kejaksaan Negeri (Kejari) Sintang menerima penyerahan tersangka dan barang bukti (Tahap II) dari Polres Melawi kasus dugaan korupsi Dana Desa (DD) Ella Hulu, Kecamatan Menukung, Senin (30/9).
Tersangka atas nama Suharman merupakan mantan Kades Ella Hulu tersebut, terbukti menyelewengkan DD tahun anggaran 2016-2017 senilai ratusan juta rupiah.
Diketahui, dari hasil hitungan BPK, kerugian negara yang diakibatkan Kades tersebut berjumlah Rp850 juta. Kasus ini pula mendapat sorotan dari sejumlah masyarakat.(ono)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.