Bengkayang Siaga Bencana - Lintas Kalbar
Home | Head Line | Bengkayang Siaga Bencana

Bengkayang Siaga Bencana

 Wakil Bupati Bengkayang Agustinus Naon, S.Sos

Wakil Bupati Bengkayang
Agustinus Naon, S.Sos

Bengkayang,LintasKalbar.com - Menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Kalimantan Barat Nomor: 360/3170/BPBD/2013 tanggal 31 Oktober 2013 serta Hasil Prakiraan Daerah Potensi Banjir dari BMKG Pontianak, Pemerintah Kabupaten Bengkayang memberlakukan Siaga Darurat Bencana Banjir selama 90 (sembilan puluh) hari.

“Melalui Surat Edaran Nomor: 360/1091/BPBD-A/2013 tanggal 25 November 2013 tentang Siaga Darurat Banjir, Wakil Bupati Bengkayang
Agustinus Naon, S.Sos., menyampaikan beberapa hal berkaitan dengan potensi banjir di wilayah Kabupaten Bengkayang,” demikian disampakaikan Kepala Penanggulangan Bencana Bengkayang, Yosef.

Kata Yosef,kepada Media Online LintasKalbar.com (30/11) menurut prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pontianak berpotensi tingkat menengah di wilayah Kabupaten Bengkayang terutama wilayah Kecamatan Bengkayang dari bulan Oktober sampai dengan bulan Desember 2013.

“Selanjutnya, berdasarkan data kejadian bencana pada tahun-tahun sebelumnya, potensi kejadian banjir di wilayah Kabupaten Bengkayang berlangsung hingga bulan Maret tahun berikutnya,” jelasnya.

Untuk itu maka diperlukan upaya yang cepat dan tepat sebagai wujud peringatan dini dan mitigasi dalam menghadapi adanya potensi bencana banjir serta melakukan upaya kesiapsiagaan dalam bentuk himbauan dan peringatan dini Siaga Darurat Banjir kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Bengkayang. Kepada semua Lembaga/Instansi dan SKPD terkait agar segera melakukan tindakan penanganan yang diperlukan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana banjir.

“Kejadian bencana banjir yang berulang setiap tahunnya umumnya merata di wilayah Kabupaten Bengkayang, dari data yang dihimpun kejadian yang cukup parah terjadi di 8 (delapan) wilayah Kecamatan meliputi Kecamatan Bengkayang, Sungai Raya, Sungai Raya Kepulauan, Lumar, Ledo, Sanggau Ledo, Seluas, dan Jagoi Babang,” terang Yosef.

Bencana banjir di Kabupaten Bengkayang disebabkan oleh curah hujan yang tinggi sehingga menyebabkan terjadinya kerusakan/tenggelamnya rumah penduduk, terhentinya pelayanan publik, terganggunya aktivitas masyarakat, dan lumpuhnya transportasi masyarakat (Mu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top
Baca Jugaclose